Wednesday 13 February 2013

6 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah

Memiliki rumah idaman adalah keinginan setiap orang. Namun, agar tidak salah memilihnya, Anda perlu mencermati beberapa langkahnya.
Anda bisa memulainya dari pertanyaan sederhana, seperti siapakah pengembangnya, kesesuaian master plan perumahan, suplai air bersih, kelengkapan fasilitas, kualitas, serta kondisi sekitar rumah. Simak selengkapnya:

Siapa pengembangnya
Anda harus memahami pengembang perumahan tersebut. Reputasi pengembang adalah hal mutlak, namun pastikan juga mereka membangun dan menyerahkan produknya secara tepat waktu. Hal ini penting, karena banyak pengembang yang melakukan wanprestasi pada proyeknya.

Lokasi dan masterplan
Agar tidak salah langkah memilih perumahan baru, Anda perlu melihat dengan seksama lokasinya. Pastikan agar rumah pilihan Anda tidak terkendala banjir. Atau, lokasi tersebut tidak menyalahi rencana tata ruang wilayah (RTRW). Perhitungan lokasi juga berkaitan dengan akses jalan, seperti kemudahan transportasi dari dan menuju perumahan.

Suplai air bersih
Cek pasokan air bersih, karena air adalah masalah vital dalam keberlangsungan rumah tangga. Anda harus menanyakan langsung kepada pengembang tentang pasokan air bersih di kompleks perumahan, apakah air sumur atau PDAM. Jangan lupa, cek juga kualitas airnya.

Kualitas
Selain reputasi, Anda harus mengetahui kualitas bangunan dengan mempertimbangkan spesifikasi bangunan, kualitas fisik, serta non-fisik rumah.

Kelengkapan fasilitas
Kelengkapan fasilitas perumahan juga penting dipertimbangkan. Misalnya, jaringan listrik, telepon, alat pemadam kebakaran, pengelolaan air limbah, teman bermain dan sebagainya. Kelengkapan fasilitas akan menguntungkan Anda dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Lingkungan sekitar
Tak ada salahnya, bila Anda menanyakan kepada pengembang jalinan kerjasama antarwarga. Karena, tinggal dalam perumahan baru biasanya Anda harus memulai menjalin relasi dari awal dengan para tetangga. Bila perumahan baru memiliki Rt/Rw akan mempermudah warga baru berkomunikasi. (*/Kompas.com)

Baliton CLC Cara Praktis dan Hemat Ningkat Rumah

No comments:

Post a Comment